Panduan Lomba Nsdc (National Schools Debating Championship) Sma Tahun 2018

 Globalisasi sebagai suatu proses sosial dan proses alamiah membawa seluruh bangsa dan neg Panduan Lomba NSDC (National Schools Debating Championship) Sekolah Menengan Atas Tahun 2018
Globalisasi sebagai suatu proses sosial dan proses alamiah membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain dan mewujudkan satu tatanan kehidupan gres atau kesatuan ko-eksistensi dengan mengesampingkan batas-batas geografis, ekonomi, dan budaya masyarakat. Fenomena ini bukan hanya membawa dampak, tetapi juga menjadi menawarkan tantangan bagi generasi muda untuk terus meningkatkan kompetensi. Globalisasi tidak hanya mengharuskan generasi muda untuk bersaing dalam berkomunkasi secara universal, namun kemampuan analitis dan berpikir kritis menjadi sebuah kemampuan yang juga tidak sanggup dikesampingkan lagi.

Peningkatan kompetensi dan keterampilan ini sejalan dengan semangat implementasi Kurikulum 2013. Salah satu upaya untuk mewujudkan peningkatan kompetensi tersebut yakni dengan mewadahi siswa, dalam hal ini siswa SMA, dengan acara positif yang memacu semangat berkompetisi untuk berbagi ilmu pengetahuan melalui bakat/ minat, antara lain yakni dengan melakukan acara National Schools Debating Championship (NSDC) dan Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat Nasional.

Kegiatan NSDC yang akan dilaksanakan pada tanggal 5 – 12 Agustus 2018 di Provinsi Bengkulu ini bertujuan untuk melatih siswa Sekolah Menengan Atas semoga terbiasa berpikir kreatif dan analitis, bisa berkomunikasi secara efektif serta memberikan argumentasi di depan publik dengan bahasa Inggris yang baik, serta menimbulkan semua kompetensi itu sebagai modal yang baik dalam persaingan yang semakin global.

Buku panduan ini disusun dengan maksud menawarkan citra pelaksanaan acara sehingga sanggup dipakai sebagai pola bagi pihak- pihak terkait yang membutuhkan informasi mengenai acara NSDC.


Latar Belakang

National Schools Debating Championship (NSDC), atau dalam bahasa Indonesia Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Nasional, merupakan lomba debat bahasa Inggris tingkat nasional. Lomba ini dilaksanakan untuk menjaring siswa-siswa unggul yang akan mengikuti World School Debating Championship (WSDC), ke tingkat Internasional.

NSDC merupakan suatu wahana bagi seluruh akseptor didik, sebagai ajang unjuk kemampuan dan kreativitas berdebat dengan banyak sekali bidang ilmu pengetahuan ihwal isu-isu global masa sekarang semoga berpikir kritis serta bisa berbagi potensi secara menyeluruh dan seimbang pada semua aspek kecerdasan. Kegiatan ini akan diikuti oleh 34 tim perwakilan dari 34 provinsi seluruh Indonesia yang masing- masing terdiri atas 3 (tiga) orang siswa dan 1 (satu) orang pendamping.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia akan melakukan acara NSDC ini pada tanggal 24—30 Juni 2018 di Provinsi Bengkulu.

Tujuan
  1. Umum; a. Memperluas wawasan para siswa semoga bisa bersaing secara kompetitif dan berkomunikasi secara efektif dalam bahasa Inggris. b. Melatih siswa semoga terbiasa memberikan pendapat dengan baik serta berpikir kritis, kreatif, analitis, konstruktif, dan bersikap sportif. c. Membekali siswa sebagai anggota masyarakat yang potensial dengan wawasan pengetahuan dan kemampuan berkomunikasi yang baik.
  2. Khusus; a. Membangun antusiasme yang tinggi dari seluruh akseptor untuk mengikuti perlombaan dalam bahasa Inggris. b. Membangun kemampuan berpikir kritis siswa mengenai isu-isu faktual yang sedang terjadi di dalam maupun luar negeri.
  3. Membangun kesadaran siswa akan pentingnya toleransi dan menghormati perbedaan berpendapat. a. Menjaring siswa untuk mewakili tim Indonesia di ajang World Schools Debating Championship (WSDC).

Hasil yang Diharapkan
  1. Terbangunnya antusiasme yang tinggi dari seluruh akseptor untuk mengikuti perlombaan.
  2. Terbangunnya kemampuan berpikir kritis siswa mengenai isu-isu faktual yang sedang terjadi di dalam maupun luar negeri.
  3. Terbangunnya kesadaran siswa akan pentingnya toleransi dan menghormati perbedaan berpendapat.
  4. Terjaringnya siswa berbakat yang akan mewakili Indonesia di tingkat internasional dalam ajang WSDC. 
Kriteria Peserta Seleksi
  1. Perwakilan provinsi yang merupakan 3 akseptor terbaik (Best Speakers) yang didapat dari hasil kompetisi yang diselenggarakan oleh Provinsi.
  2. Peserta merupakan Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing yang bertempat tinggal dan menempuh pendidikan di wilayah Republik Indonesia.
  3. Pendebat yakni akseptor didik aktif (kelas X, XI, XII) di SMA/MA Negeri atau Swasta yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Pelajar.
  4. Peserta belum berusia 19 tahun pada dikala Seleksi Tingkat Provinsi.
  5. Peserta mempunyai kemampuan berbahasa Inggris aktif.
  6. Peserta bisa berpikir kritis dan mempunyai pengetahuan umum yang luas.
  7. Peserta mempunyai kemampuan berbicara dengan baik di depan umum.
  8. Peserta mempunyai kemampuan bekerja sama dengan baik dalam tim.
  9. Peserta belum pernah menjadi pemenang (Juara Tim 1, 2, 3, 4 dan Semifinalis) maupun pembicara terbaik (Best Speakers) dalam NSDC dan LDBI Tingkat Nasional.
Mekanisme Seleksi dan Sistem Lomba
  1. Tingkat Sekolah; Tiap-tiap sekolah melakukan seleksi untuk memilih satu tim terbaik untuk diikutkan dalam Seleksi Tingkat Kabupaten/Kota atau Provinsi.
  2. Tingkat Kabupaten/Kota; Tiap-tiap Kabupaten/Kota wajib melakukan seleksi untuk memilih satu tim terbaik. Satu tim terdiri atas tiga siswa sebagai debaters dan satu orang sebagai N1 adjudicator yang selanjutnya berhak untuk mengikuti Seleksi Tingkat Provinsi.
  3. Tingkat Provinsi; Masing-masing Provinsi wajib melakukan seleksi untuk memilih satu tim terbaik. Satu tim terdiri atas tiga siswa sebagai debaters (best speakers) dan satu orang sebagai N1 adjudicator yang selanjutnya berhak untuk mengikuti Seleksi Tingkat Nasional.
  4. Tingkat Nasional; Seleksi Tingkat Nasional akan diikuti oleh para pemenang tingkat Provinsi yang berjumlah 34 tim.
Proses Seleksi Tingkat Nasional: a. Satu tim terdiri dari 3 orang siswa pembicara terbaik perwakilan Provinsi yang diperoleh melalui kompetisi yang diselenggarakan di Tingkat Provinsi. b. Berdasarkan nilai individu (individual score), 15 orang akseptor yang meraih peringkat Best Speakers dari putaran nasional babak penyisihan akan menempuh proses seleksi selanjutnya (pembinaan). c. Dari proses seleksi individu di atas, dipilih 4 orang akseptor terbaik yang akan dinobatkan menjadi kandidat tim Indonesia untuk mewakili di ajang WSDC.

Download Panduan Pelaksanaan Lomba NSDC (National Schools Debating Championship) Sekolah Menengan Atas 2018

Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Panduan Pelaksanaan Lomba NSDC (National Schools Debating Championship) Sekolah Menengan Atas Tahun 2018 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

Download File:
Panduan Pelaksanaan NSDC Sekolah Menengan Atas Tahun 2018.pdf
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Panduan Pelaksanaan Lomba NSDC (National Schools Debating Championship) Sekolah Menengan Atas Tahun 2018. Semoga bisa bermanfaat.

0 Response to "Panduan Lomba Nsdc (National Schools Debating Championship) Sma Tahun 2018"

Posting Komentar