Download Panduan Administrasi Dapodikdasmen Tahun 2018

Manajemen data pokok pendidikan atau yang disingkat Dapodik berkhasiat bagi LPMP serta Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten dan Kota guna menunjang pelayanan Dapodik di daerah. Tugas dan fungsi untuk masing-masing unit kerja yang terkait Dapodik berbeda:

LPMP: Bertugas memverifikasi serta validasi administrasi pengguna Dinas pendidikan Provinsi, Kabupaten dan Kota. Serta ikut dalam mengawal kualitas data dapodik disekolah.

Dinas Pendidikan: Tugas dan fungsi dinas sebagaimana tertuang dalam Permendikbud Nomor 79 tahun 2015 perihal Data Pokok Pendidikan

Akun pengguna manejemen dapodik bagi Dinas Pendidikan nanti nya akan ditata kembali semoga lebih kondusif dan rapi. LPMP sebagai bagaian dari Dapodik nantinya akan mengemban kiprah untuk membantu melaksanakan verifikasi dalam proses pendaftaran akun pengguna bagi Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten dan Kota.

Alur Proses Pendaftaran Akun Manajemen Dapodik

  1. Setditjen Dikdasmen akan mengirimkan surat kepada LPMP sebagai pemberitahuan bahwa LPMP akan menjadi Tim yang memproses verifikasi pendaftaran pengguna Manajemen Dapodik.
  2. Dinas pendidikan akan dikirimkan surat pemberitahuan untuk segera mengirimkan berupa anjuran pengguna administrasi yang akan didaftarkan dalam bentuk surat akhir yang dikirim ke LPMP diteruskan ke Setditjen Dikdasmen. Balasan sanggup dikirim melalui surel dan surat fisik.
  3. Selanjutnya LPMP akan menginput daftar nama anjuran yang diberikan oleh Dinas Pendidikan ke dalam aplikasi yang sudah Pusat (Setditjen Dikdasmen) sediakan.
  4. Setelah mendapat email akhir dengan link pendaftaran, Dinas Pendidikan yang mendapat email diperlukan segera melaksanakan mekanisme pendaftaran secara online. 
  5. Dinas Pendidikan melaksanakan pendaftaran online melalui form yang telah disediakan. Masing-masing wilayah sanggup mendaftarkan maksimal 4 orang keanggotaan ialah (1 Kepala Dinas Pendidikan, 1 Ketua KK-Datadik, dan 2 Anggota KK-Datadik).
  6. Jika Dinas Pendidikan telah melaksanakan pendaftaran keanggotaan melalui form pendaftaran, Pusat akan mengirimkan password (kata kunci) melalui surel aktif yang telah terdaftar sebelumnya.
  7. Data anggota yang telah terdaftar melalui sistem akan direkap dan diverifikasi oleh Pusat. Proses pendaftaran akan dilakukan secara sedikit demi sedikit dan akan sepenuhnya dipakai pada tahun pedoman gres 2018/2019. 

Download Panduan Manajemen Dapodikdasmen 2018-2019

Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Panduan Manajemen Dapodikdasmen Tahun 2018-2019 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:
PANDUAN MANAJEMEN DAPODIKDASMEN 2018
Demikian informasi mengenai Download Panduan Manajemen Dapodikdasmen Tahun 2018. Semoga manfaat...

0 Response to "Download Panduan Administrasi Dapodikdasmen Tahun 2018"

Posting Komentar