Jadwal Dan Persyaratan Registrasi Stmkg Tahun 2018-2019

 Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika  Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran STMKG Tahun 2018-2019
Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan yang diselenggarakan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Tahun Akademik 2018/2019 STMKG memanggil putra putri terbaik dari seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk dididik menjadi tenaga profesional dan andal di bidang meteorologi, klimatologi, geofisika atau instrumentasi.

STMKG menyelenggarakan kegiatan pendidikan Sarjana Terapan dengan Program Studi Meteorologi, Program Studi Klimatologi, Program Studi Geofisika dan Program Studi Instrumentasi. Pendidikan tingkat sarjana ini ditempuh dalam waktu 8 (delapan) semester. Seorang taruna sanggup dinyatakan gugur bila pada semester tertentu melaksanakan pelanggaran disiplin, pelanggaran moral dan etika, dan atau secara akademik tidak sanggup mencapai indeks prestasi yang ditentukan. Lulusan kegiatan Sarjana Terapan berhak menyandang gelar Sarjana Terapan (S.Tr).

Tahun Akademik 2018/2019, STMKG mendapatkan taruna gres berikatan dinas melalui proses seleksi. Proses seleksi mencakup Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Seleksi Lanjutan, Wawancara dan Pemeriksaan Kesehatan. Seluruh rangkaian proses penerimaan diadakan mulai tanggal 9 April 2018 hingga dengan tanggal 31 Agustus 2018. Proses registrasi dilakukan secara on-line mulai tanggal 9 April 2018 hingga dengan tanggal 4 Mei 2018. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Lanjutan akan dilaksanakan di 10 ( sepuluh ) Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) atau Badan Kepegawaian Daerah (BKD) memakai sistim tes berbasis komputer ( Computer Assisted Test ).

Setelah menuntaskan pendidikan, taruna akan diangkat sebagai Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) sesuai ketentuan yang berlaku, dan selanjutnya ditempatkan di unit pelaksana teknis (UPT) Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika di seluruh Indonesia. Biaya selama pendidikan ditanggung negara. Selama pendidikan tidak disediakan asrama.

A. Syarat Umum Calon Taruna :
  1. Pria/Wanita, warga negara Indonesia, sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, sanggup berkacamata maksimal minus (-) 2 spheris dan tidak silinder.
  2. Umur tidak kurang dari 16 tahun dan tidak lebih dari 21 tahun pada tanggal 1 September 2018.
  3. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.
  4. Bebas narkoba yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba/ NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat ketika dilakukan Tes Kesehatan.
  5. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
  6. Tinggi tubuh minimal 163 cm untuk laki-laki dan 155 cm untuk perempuan dengan berat tubuh seimbang.
  7. Bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sesuai ketentuan yang berlaku semenjak dinyatakan lulus pendidikan dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
B. Syarat Akademik Calon Taruna :
  1. Lulus atau akan lulus SMA/Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA atau Sekolah Menengah kejuruan dengan kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer dan Jaringan.
  2. Lulus atau akan akan lulus Sekolah Menengah kejuruan dengan kompetensi keahlian pada butir (B.1) tersebut hanya sanggup mendaftar untuk jurusan Instrumentasi-MKG. Kompetensi keahlian selain pada butir (B.1) tersebut tidak sanggup diterima.
  3. Bagi yang telah lulus sebelum tahun 2018, nilai ijazah untuk mata pelajaran Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70 (skala 100).
  4. Bagi yang akan lulus pada tahun 2018, nilai rapor untuk tiga semester terakhir (semester 3, 4, dan 5) pada mata pelajaran Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70 (skala 100).
C. Syarat diterima sebagai Taruna :
  1. Memenuhi seluruh persyaratan tersebut pada butir (A) dan (B).
  2. Lulus Ujian Nasional SMA/MA/SMK,
  3. Mempunyai ijazah SMA/MA/SMK,
  4. Lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD),
  5. Lulus Seleksi Lanjutan berupa Tes Akademik Fisika, Matematika, Bahasa Inggris, Wawancara dan Pemeriksaan Kesehatan.
D. Pembiyaan proses seleksi dan selama pendidikan.
  1. Biaya selama proses seleksi hingga dengan registrasi ulang sesudah dinyatakan diterima sebagai taruna ditanggung sepenuhnya oleh pendaftar.
  2. Biaya pendidikan selama di STMKG ditanggung negara.
  3. Tidak disediakan asrama selama mengikuti pendidikan,
E. Pendaftaran.
  1. Pendaftar harus terlebih dahulu melaksanakan registrasi secara online antara tanggal 9 - 30 April 2018 melalui portal Panitia Seleksi Pendidikan Kedinasan Nasional di https://sscndikdin.bkn.go.id
  2. Selanjutnya pendaftar mengisi formulir registrasi di STMKG secara online antara tanggal 9 April 2018 hingga dengan tanggal 4 Mei 2018 jam 24.00 WIB melalui portal Panitia PTB-STMKG-2018 di https://ptb.stmkg.ac.id
  3. Pendaftar harus terlebih dahulu yakin sanggup memenuhi seluruh syarat butir (A) dan (B). Apabila ternyata tidak memenuhi syarat tersebut, maka pendaftar tidak sanggup diterima sebagai taruna meskipun telah dinyatakan lulus semua seleksi. Biaya registrasi yang telah disetorkan tidak sanggup diambil kembali untuk alasan apapun.
  4. Sebelum melaksanakan pengisian formulir registrasi secara online di portal Panitia PTB-STMKG 2018 persiapkan lebih dahulu alamat email yang masih berlaku, nomor handphone yang masih aktif serta pas foto resmi dengan ukuran file antara 300 – 500 KB.
  5. Pendaftar hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian / Lembaga dan apabila pendaftar diketahui mendaftar lebih dari satu sekolah kedinasan pada Kementerian / Lembaga, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur
  6. Kesalahan atau kelalaian pendaftar dalam memasukkan data secara online baik pada portal Panselnas Pendidikan Kedinasan maupun pada portal PTB-STMKG2018 tidak sanggup diubah atau diperbaiki kembali dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pendaftar.
Download Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran STMKG Tahun 2018-2019 DISNI

0 Response to "Jadwal Dan Persyaratan Registrasi Stmkg Tahun 2018-2019"

Posting Komentar