Pedoman Lomba Penemuan Pembelajaran Guru Pendidikan Menengah Tingkat Nasional 2018

 PEDOMAN LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN MENENGAH TINGKAT NASIONAL  Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran Guru Pendidikan Menengah Tingkat Nasional 2018
PEDOMAN LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN MENENGAH TINGKAT NASIONAL (PEMULA, MADYA, DAN UTAMA)

DIREKTORAT PEMBINAAN GURU PENDIDIKAN MENENGAH DIREKTORAT JENDERAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
2018

Guru sebagai tenaga professional berperan penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu berkembangnya potensi penerima didik biar menjadi insan yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, sanggup bangun diatas kaki sendiri serta menjadi warganegara yang demokratis dan bertanggung jawab. Guru diwajibkan melaksanakan acara pengembangan keprofesian berkelanjutan biar kompetensi keprofesiannya tetap sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya dan/atau olahraga.

Guru diharapkan sanggup membuat pembelajaran yang kreatif dan inovatif, serta berhasil membuatkan aneka macam model pembelajaran yang bermutu. Dalam rangka meningkatkan motivasi dan penemuan guru dalam pembelajaran maka dibutuhkan aneka macam upaya. Salah satu upaya yang sanggup meningkatkan motivasi guru untuk selalu membuatkan diri yakni melalui Lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel) Guru Pendidikan Menengah Tingkat Nasional Tahun 2018. Lomba Inobel pada Tahun 2018 ini terbagi ke dalam tiga level yaitu Pemula, Madya dan Utama.

Pedoman Lomba Inobel Guru Pendidikan Menengah Tingkat Nasional Tahun 2018 ini disusun sebagai contoh pelaksanaan lomba bagi Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan Provinsi, Satuan Pendidikan dan Guru penerima lomba. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyusunan pedoman ini.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 perihal Guru dan Dosen, Pasal 14, ayat (1), abjad d menyatakan bahwa dalam melaksanakan kiprah keprofesionalan, guru berhak memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensinya. Peningkatan kompetensi guru Jenjang Pendidikan Menengah tersebut sanggup dilaksanakan melalui aneka macam upaya, salah satu diantaranya yaitu lomba penemuan pembelajaran.

Lomba Inovasi Pembelajaran dipandang menjadi sangat penting dan dibutuhkan alasannya yakni hal ini akan memacu guru-guru untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi. Lomba Inovasi Pembelajaran diyakini sanggup menggerakkan, menyemangati, dan mendorong guru untuk meningkatkan prestasi dan pada gilirannya berdampak pada kualitas proses dan hasil berguru siswa.

Berkenaan dengan hal itu, Direktorat Pembinaan Guru Dikmen, Ditjen GTK, Kemdikbud melaksanakan Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Guru Jenjang Pendidikan Menengah Tingkat Nasional Tahun 2018. Penyelenggaraan lomba tersebut dimaksudkan untuk mendorong peningkatan profesionalisme guru sehingga sanggup meningkatkan kinerja guru dalam pengelolaan pembelajaran, mewujudkan lulusan yang bermutu, produktif, kreatif, inovatif, dan mempunyai daya saing global.

Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Guru Jenjang Pendidikan Menengah Tingkat Nasional ini terbagi dalam tiga level lomba yaitu Inobel Pemula, Inobel Madya dan Inobel Utama. Lomba Inobel Pemula ditujukan bagi penerima yang belum pernah sama sekali atau belum pernah masuk sebagai finalis dalam lomba Inobel. Lomba Inobel Madya ditujukan bagi penerima yang pernah ikut menjadi finalis pada lomba Inobel. Lomba Inobel Utama ditujukan bagi para Juara 1, 2 dan 3 dari aneka macam macam lomba yang diselenggarakan oleh Keharlindung Dikmen.

Pedoman Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Guru Pendidikan Menengah Tingkat Nasional Tahun 2018 ini disusun sebagai contoh bagi panitia penyelenggara dan penerima lomba. Terselenggaranya Lomba Inovasi Pembelajaran dengan lancar tertib dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Lomba Inovasi Pembelajaran Guru Pendidikan Menengah bersifat perorangan (individual) dengan sasaran guru-guru Jenjang Pendidikan Menengah di seluruh Indonesia baik PNS maupun Non PNS di Sekolah negeri maupun swasta yang aktif melaksanakan tugas.

DAFTAR ISI
BAB I Pendahuluan; A. Latar Belakang; B. Dasar Hukum; C. Tujuan; D. Sasaran; E. Hasil yang Diharapkan

BAB II Lomba Inovasi Pembelajaran Guru Pendidikan Menengah; A. Pengertian; B. Ketentuan Mengikuti Lomba Inovasi Pembelajaran Guru Pendidikan Menengah; C. Proses Pelaksanaan; D. Prinsip-prinsip Lomba; E. Panitia Penyelenggara; F. Alur Kegiatan; G. Sistematika Penulisan Karya H. Penelitian; I. Jadwal Kegiatan

BAB III Penutup;
  1. Lampiran-lampiran:
  2. Lampiran 1 Biodata Peserta
  3. Lampiran 2 Halaman Judul
  4. Lampiran 3 Artikel Gagasan Ilmiah
  5. Lampiran 4 Artikel Gagasan Ilmiah
  6. Lampiran 5 Halaman Pernyataan Kepala Sekolah
  7. Lampiran 6 Halaman Pernyataan Ketua MGMP
  8. Lampiran 7 Halaman Pengesahan - Surat Pengesahan Kepala Sekolah dan Dinas Pendidikan
  9. Lampiran 8 Penilaian Tahap I
  10. Lampiran 9 Penilaian Tahap II (a)
  11. Lampiran 10 Penilaian Tahap II(b)
  12. Lampiran 11 Penilaian Tahap III
  13. Lampiran 11 Penilaian Tahap IV
  14. Lampiran 12 Penilaian Tahap V
Untuk lampiran-lampiran sanggup anda unduh dalam format file .docx Microsoft Word (siap edit).

Download Pedoman Lomba INOBEL Guru Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2018
Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran Guru Pendidikan Menengah Tingkat Nasional 2018 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

Download File:
Demikian yang sanggup kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran Guru Pendidikan Menengah Tingkat Nasional 2018. Semoga sanggup bermanfaat.

0 Response to "Pedoman Lomba Penemuan Pembelajaran Guru Pendidikan Menengah Tingkat Nasional 2018"

Posting Komentar