Juknis Bsm (Bantuan Siswa Miskin) Sma Smk Slb Terbaru

Berikut ini yakni berkas Juknis BSM (Bantuan Siswa Miskin) Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan SLB Terbaru. Download file format PDF.

 Berikut ini kutipan teks keterangan dari isi berkas Juknis BSM  Juknis BSM (Bantuan Siswa Miskin) Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan SLB Terbaru

Juknis BSM (Bantuan Siswa Miskin) Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan SLB Terbaru

Berikut ini kutipan teks keterangan dari isi berkas Juknis BSM (Bantuan Siswa Miskin) Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan SLB Terbaru:

Kemiskinan masih menjadi penyebab utama siswa putus sekolah atau drop out. Fenomena putus sekolah ini bahkan dikhawatirkan semakin meningkat seiring tingginya angka pengangguran, alasannya sempitnya lapangan kerja. UUD 1945 mengamanatkan Pemerintah untuk memperlihatkan kesempatan yang seluas-luasnya kepada rakyat untuk mengikuti pendidikan hingga simpulan SMA, tanpa melihat latar belakang sosial, ekonomi, gender, dan geografis.

Amanat konstitusi ini diimplementasikan melalui kebijakan mensubsidi biaya pendidikan siswa miskin melalui Program Bantuan Siswa Miskin (BSM), yang diberikan kepada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri dan Swasta dari keluarga yang kurang bisa di Jawa Tengah, dan disalurkan setiap tahun. Untuk tahun 2017, satuan biaya BSM per siswa per tahun sebesar Rp. 1.000.000,00 (satu juta rupiah). Total alokasi anggaran BSM sebesar Rp. 10.000.000,00 (sepuluh milyar rupiah) yang akan disalurkan kepada 10.000 (sepuluh ribu) siswa, dengan rincian SLB 123 siswa, Sekolah Menengan Atas 3854 siswa dan Sekolah Menengah kejuruan 6.023 siswa.

Bantuan dana BSM tersebut disalurkan eksklusif oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kepada para siswa peserta BSM di masing-masing sekolah. Kebijakan keberpihakan Pemerintah ini sanggup berjalan dengan baik, apabila didukung kesepakatan yang besar lengan berkuasa dari para pengelola yang mengatur prosedur program, pengelolaan anggaran, pembagian kiprah masing-masing instansi terkait, dan pengawasan pelaksanaan aktivitas BSM.

Petunjuk Teknis Bansos BSM Tahun 2017 ini akan menjadi fatwa bagi para pengelola BSM di sekolah dalam melakukan tugasnya. Materi pada fatwa ini merupakan hasil koordinasi, konsultasi Organisasi Perangkat tempat (OPD) terkait, penilaian lapangan, diskusi yang intensif dengan sekolah, dan institusi audit dalam banyak sekali kesempatan. Namun demikian, kami menyadari bahwa Pedoman Teknis Penyaluran Dana BSM ini masih memerlukan penyempurnaan secara terus menerus, sehingga saran dan kritik sangat kami perlukan untuk perbaikan yang akan datang.

Semoga Pedoman Teknis ini bermanfaat bagi kita semua. Amiin.

Tujuan aktivitas Bantuan Sosial Bantuan Siswa Miskin antara lain:
  1. Memberi peluang bagi lulusan SMP/MTs atau yang sederajat dari keluarga kurang bisa untuk mengikuti pendidikan di Sekolah Menengah Atas;
  2. Mencegah siswa kurang bisa SMA, Sekolah Menengah kejuruan dan SLB dari kemungkinan putus sekolah akhir kesulitan biaya pendidikan;
  3. Memberikan peluang   dan  kesempatan yang lebih besar kepada siswa kurang bisa SMA, Sekolah Menengah kejuruan dan SLB untuk terus bersekolah hingga menuntaskan pendidikannya.

    Download Juknis BSM (Bantuan Siswa Miskin) Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan SLB Terbaru

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Juknis BSM (Bantuan Siswa Miskin) Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan SLB Terbaru ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Download File:

    Juknis BSM (Bantuan Siswa Miskin) Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan SLB Terbaru.pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Juknis BSM (Bantuan Siswa Miskin) Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan SLB Terbaru. Semoga bisa bermanfaat.

    0 Response to "Juknis Bsm (Bantuan Siswa Miskin) Sma Smk Slb Terbaru"

    Posting Komentar