Buku Panduan Evaluasi Smp Terbaru Kurikulum 2013 Revisi 2017

Berikut ini ialah berkas Buku Panduan Penilaian Sekolah Menengah Pertama Terbaru Kurikulum 2013 Revisi 2017. Download file PDF.

 Berikut ini ialah berkas Buku Panduan Penilaian Sekolah Menengah Pertama Terbaru Kurikulum  Buku Panduan Penilaian Sekolah Menengah Pertama Terbaru Kurikulum 2013 Revisi 2017

Buku Panduan Penilaian Sekolah Menengah Pertama Terbaru Kurikulum 2013 Revisi 2017

Berikut ini kutipan teks keterangan dari isi berkas Buku Panduan Penilaian Sekolah Menengah Pertama Terbaru Kurikulum 2013 Revisi 2017:

Penilaian ialah proses pengumpulan dan pengolahan info untuk mengukur pencapaian hasil berguru penerima didik. Pe­ ngumpulan info tersebut ditempuh melalui aneka macam teknik penilaian, memakai aneka macam instrumen, dan berasal dari aneka macam sumber. Penilaian harus dilakukan secara efektif. Oleh sebab itu, meskipun info dikumpulkan sebanyak­banyak­ nya dengan aneka macam upaya, kumpulan info tersebut tidak hanya lengkap dalam memperlihatkan gambaran, tetapi juga harus akurat untuk menghasilkan keputusan.

Penilaian harus memperlihatkan hasil yang sanggup diterima oleh semua pihak, baik yang dinilai, yang menilai, maupun pihak lain yang akan memakai hasil evaluasi tersebut. Hasil evaluasi akan akurat jika instrumen yang dipakai untuk menilai, proses penilaian, analisis hasil penilaian, dan objektivitas penilai sanggup dipertanggungjawabkan. Untuk itu perlu dirumuskan prinsip­ prinsip evaluasi yang sanggup menjaga supaya orientasi evaluasi tetap pada framework atau rel yang telah ditetapkan.

Pengumpulan info pencapaian hasil berguru penerima didik memerlukan metode dan instrumen penilaian, serta mekanisme analisis sesuai dengan karakteristiknya masing­masing. Kuri­ kulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi dengan KD sebagai kompetensi minimal yang harus dicapai oleh penerima didik.

Panduan evaluasi ini memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan berkaitan dengan hal­-hal berikut:
  1. Pengertian, pendekatan dan prinsip evaluasi dalam kuri­kulum 2013;
  2. Penilaian yang dilakukan oleh pendidik baik evaluasi sikap, pengetahuan maupun keterampilan;
  3. Penilaian yang dilakukan oleh satuan pendidikan.
Panduan evaluasi ini meliputi konsep penilaian, evaluasi oleh pendidik, dan evaluasi oleh satuan pendidikan.

Konsep evaluasi meliputi pengertian, pendekatan, prinsip, dan evaluasi dalam Kurikulum 2013. Penilaian oleh pendidik meliputi evaluasi aspek sikap, evaluasi aspek pengetahuan, dan peni­ laian aspek keterampilan. Pada setiap aspek meliputi pengertian, teknik, perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, pemanfaatan, dan tindak lanjut hasil penilaian.

Penilaian hasil berguru oleh satuan pendidikan meliputi pengertian, lingkup, bentuk penilaian, instrumen, kriteria kenaikan kelas, keriteria kelulusan, perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, pe­ manfaatan, dan tindak lanjut hasil penilaian. 

Panduan ini diperuntukkan terutama bagi pihak­pihak berikut:
  1. Pendidik Sekolah Menengah Pertama sebagai ajaran dalam merencanakan, me­ laksanakan penilaian, mengolah, memanfaatkan hasil peni­ laian, dan menyusun rapor;
  2. Kepala sekolah dan pengawas untuk merancang jadwal supervisi pendidikan yang berkaitan dengan evaluasi oleh pendidik di sekolah; dan
  3. Pihak­-pihak lain yang terkait dengan evaluasi pencapaian kompetensi penerima didik.

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi. Hal penting yang harus diperhatikan dikala melakukan evaluasi dalam Kurikulum 2013 ialah KKM, predikat, remedial dan pengayaan.

    Download Buku Panduan Penilaian Sekolah Menengah Pertama Terbaru Kurikulum 2013 Revisi 2017

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Panduan Penilaian Sekolah Menengah Pertama Terbaru Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Download File:
    Buku Panduan Penilaian Sekolah Menengah Pertama Terbaru Revisi 2017.pdf

    Sumber: http://ditpsmp.kemdikbud.go.id

    Demikian yang sanggup kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Panduan Penilaian Sekolah Menengah Pertama Terbaru Kurikulum 2013 Revisi 2017. Semoga sanggup bermanfaat.

    0 Response to "Buku Panduan Evaluasi Smp Terbaru Kurikulum 2013 Revisi 2017"

    Posting Komentar