Informasi Terbaru Terkait Pembukaan Registrasi Sbmptn 2017

 Ketua Umum seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri  Informasi Terbaru Terkait Pembukaan Pendaftaran SBMPTN 2017
Ketua Umum seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri 2017 Ravik Karsidi menjelaskan registrasi SBMPTN dimulai semenjak hari ini (11/4) hingga 5 Mei nanti. Dia menjelaskan kuota sementara mahasiswa gres melalui SBMPTN berjumlah 128.085 kursi. ’’Kuota ini statusnya masih kuota sementara,’’ katanya di kantor Kemenristekdikti kemarin (10/4).

Menurut Rektor UNS itu, kuota mahasiswa gres melalui penjaringan SBMPTN itu berpeluang bertambah. Sebab para rektor akan mempertimbangan hasil final seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Biasanya dingklik yang tidak terserap di SNMPTN diluncurkan ke SBMPTN. Ravik menyampaikan dalam kurun empat tahun terakhir terdapat peningkatan jumlah kuota mahasiswa gres melalui SBMPTN.

Pada 2014 silam mahasiswa gres melalui SBMPTN sebanyak 91.294 kursi. Kemudian tahun berikutnya naik menjadi 115.788 kursi. Lalu pada SBM Perguruan Tinggi Negeri 2016 kuota mahasiswa gres sebanyak 126.804 kursi. ’’Diantara penyebab bertambahnya daya tampung SBM Perguruan Tinggi Negeri yaitu jumlah kampus yang semakin banyak.” Ravik menjelaskan pada periode 2014 lalu, SBM Perguruan Tinggi Negeri diikuti 64 unit kampus negeri. Kemudian bertambah menjadi 74 unit kampus negeri (periode SBM Perguruan Tinggi Negeri 2015), 78 unit kampus negeri (periode SBM Perguruan Tinggi Negeri 2016), dan 85 unit kampus negeri (periode SBM Perguruan Tinggi Negeri 2017).

Kemudian hasil SBMPTN dikeluarkan pada 13 Juni pukul 14.00 WIB. Ravik menyampaikan panitia masih mempertahankan pelaksanaan tes tulis cukup satu hari.

Ravik tidak membatasi jumlah pendaftar SBMPTN tahun ini. Dia memprediksi pelamar SBMPTN tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Rekapitulasi panitia SBMPTN menyebutkan jumlah pelamar tahun kemudian mencapai 721.326 orang. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan pelamar SBMPTN 2015 yang tercatat 764.185 orang.

Dirjen Pembalajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti Intan Ahmad mengatakan, kunci dalam menghadapi SBMPTN adalah, cermat dalam memilih prodi kuliah. ’’Pelamar yang tidak lulus SBMPTN itu bukan berarti tidak pintar. Tetapi sanggup jadi alasannya yaitu prodi yang dipilih sangat ketat persaingannya,’’ jelasnya.

Guru besar hebat hama ITB itu mengapreasiasi panitia SBMPTN, alasannya yaitu selama ini hampir tidak pernah muncul informasi kebocoran soal ujian. Masalah yang kerap muncul yaitu perjokian. Dia menyampaikan mahasiswa yang menjadi joki sebaiknya pribadi di keluarkan dari kampus. Sebab telah mencederai dunia akademisi yang menjunjung integritas. Kemudian bagi calon mahasiswa yang memakai jasa joki, juga harus pribadi dicoret.

Untuk informasi selengkapnya silahkan kunjungi link resmi SBMPTN berikut ini :
https://sbmptn.ac.id/?mid=14

Demikian informasi terbaru terkait Pembukaan Pendaftaran SBMPTN 2017. Semoga bermanfaat...

0 Response to "Informasi Terbaru Terkait Pembukaan Registrasi Sbmptn 2017"

Posting Komentar