Download Panduan Evaluasi Kurikulum 2013 Untuk Jenjang Sd/Mi Edisi Terbaru

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah berhubungan dengan Badan Penelitian dan  Download Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Untuk Jenjang SD/MI Edisi Terbaru
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah berhubungan dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Pusat Penilaian Pendidikan dan Pusat Kurikulum dan Perbukuan) telah menyusun dan menerbitkan Panduan Penilaian pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, di antaranya yaitu Panduan Penilaian untuk SD (SD/MI). Panduan penilaian tersebut dipergunakan sebagai rambu-rambu bagi para pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian hasil berguru penerima didik yang mencakup penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, juga menjadi pedoman untuk merencanakan, melaksanakan, mengolah, dan menciptakan laporan hasil penilaian secara akuntabel dan informatif.

Selain untuk menyesuaikan dengan perkembangan dan perubahan kebijakan diatas, hasil kajian pelaksanaan Kurikulum 2013 menunjukkan bahwa salah satu kesulitan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 yaitu dalam perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, pemanfaatan dan pelaporan penilaian. Pada perencanaan penilaian, pendidik kesulitan merumuskan indikator instrumen penilaian, memilih teknik penilaian yang sempurna sesuai dengan kompetensi dasar yang diajarkan, membuatkan butir-butir instrumen penilaian dan rubrik penilaian.

Pada pelaksanaan penilaian, pendidik kesulitan melaksanakan penilaian perilaku dengan aneka macam teknik penilaian dalam waktu yang terbatas. Pendidik juga mengalami kesulitan dalam mengolah dan mendeskripsikan capain hasil penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Satuan pendidikan mengalami kesulitan dalam memilih Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), merumuskan kriteria kenaikan kelas, dan kriteria kelulusan penerima didik. Permasalahan lain yang sering muncul yaitu penetapan KKM dan secara teknis menerapkannya pada setiap Kompetensi Dasar (KD) sebagai kompetensi minimal untuk selanjutnya menjadi KKM mata pelajaran. Di samping itu, pendidik mengalami kesulitan dalam memilih nilai hasil remedial berkaitan dengan KKM.

Memperhatikan permasalahan-permasalahan di atas, mempertimbangkan masukan dari aneka macam pihak serta hasil pemantauan dan penilaian pelaksanaan Kurikulum 2013, maka Direktorat Pembinaan SD melaksanakan review dan revisi pada panduan penilaian yang diterbitkan sebelumnya, dengan cita-cita buku panduan penilaian sanggup lebih memenuhi kebutuhan pengguna, yaitu para pendidik dan satuan pendidikan biar sanggup melaksanakan penilaian dengan baik dan benar.

Untuk lebih jelasnya mengenai panduan penilaian Kurikulum 2013 Untuk Jenjang SD/MI terbaru ini, silakan rekan guru sanggup mengunduhnya melalui tautan link berikut ini.

Download File :
PANDUAN PENILAIAN KURIKULUM 2013 JENJANG SD/MI TERBARU

Demikian yang sanggup admin Sigurma sampaikan, semoga hal ini sanggup bermanfaat buat rekan guru semua. Jangan lupa untuk like fanspage kami.

0 Response to "Download Panduan Evaluasi Kurikulum 2013 Untuk Jenjang Sd/Mi Edisi Terbaru"

Posting Komentar