Nih 3 Model Pembelajaran Ini Cocok Diterapkan Pada Kurikulum 2013

teman para guru madrasah yang berbahagia Nih 3 Model Pembelajaran Ini Cocok Diterapkan Pada Kurikulum 2013Teman-teman para guru madrasah yang berbahagia. Penerapan K 13 secara sedikit demi sedikit sudah dilaksanakan di banyak sekali sekolah  atau madrasah di seluruh Indonesia. Walaupun memenag dalama pelaksanaanya masih banyak hambatan yang dihadapinya. Mulai dari sarana, pengadaan alat bimbing hingga dengan metode pengajarannya dan masalah-masalah yang lain.

Hal yang sangat penting dalam penerapan Kurikulum 13 yaitu metode pangajaran yang banyak perubahan dalam penerapannya. Salah satunya yaitu metode atau model pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning).

Model pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) ternyata menjadi model yang cocok untuk diterapkan pada kurikulum 2013. Oleh alasannya yaitu di dalam model PBL ini mengandung rujukan pembelajaran dengan pendekatan saintifik (scientific approach). Dalam pembelajaran model ini, setidaknya ada 3 model pembelajaran yang cocok diterapkan pada kurikulum 2013. Di antaranya sebagai berikut.

1. Discovery Learning
Model pembelajaran discovery learning dilakukan dengan beberapa langkah pembelajaran yaitu persiapan, pelaksanaan (kegiatan inti), dan penilaian.

Pada acara inti yaitu pelaksanaan pembelajaran model pembelajaran discovery learning dilakukan hal-hal berikut:
  1. Pemberian stimulasi/rangsangan,
  2. Pernyataan/identifikasi masalah,
  3. Pengumpulan data,
  4. Pengolahan data,
  5. Verifikasi/pembuktian dan
  6. Menarik kesimpulan/generalisasi.
Tahapan evaluasi tentu dilakukan model authentic assesment

2. Problem Based Learning
Problem based learning adalah, metode mengajar yang memakai duduk masalah yang nyata, melalui duduk masalah itu, terjadilah proses berguru siswa. Mereka akan berguru banyak sekali hal termasuk ingatan (kognitif) maupun keterampilan berpikir kritis.

Problem based learning yaitu metode mengajar dengan fokus pemecahan duduk masalah yang nyata, kerja kelompok, umpan balik, diskusi, dan laporan akhir.

3. Project Based Learning
Model pembelajaran berbasis proyek  merupakan model pembelajaran yang memakai proyek/kegiatan sebagai media. Guru menugaskan siswa untuk melaksanakan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan isu untuk menghasilkan banyak sekali bentuk hasil belajar.

Demikian intisari dari artikel ihwal model-model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik kurikulum 2013. Model pembelajaran merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh guru. Oleh alasannya yaitu guru merupakan ujung tombak pelaksana pembelajaran di kelas. Di sanalah, kreativitas guru sangat dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran. Semoga bermanfaat dan salam madrasah…..


0 Response to "Nih 3 Model Pembelajaran Ini Cocok Diterapkan Pada Kurikulum 2013"

Posting Komentar