Contoh Bahan Matsama Dan Acara Awal Tahun Bagi Siswa Madrasah

udah menjadi hal yang lumrah bahwa tiap Tahun Pelajaran gres datang para orang bau tanah sibuk men Contoh Materi Matsama dan Kegiatan Awal Tahun Bagi Siswa Madrasah
Sudah menjadi hal yang lumrah bahwa tiap Tahun Pelajaran gres datang para orang bau tanah sibuk mencarikan forum pendidikan terbaik bagi putra-puterinya. Melalui pendidikan, mereka menggantungkan harapan untuk abad depan anak-anaknya. Anak-anak yang sehat, berkarakter, bermoral, lagi cerdas menjadi dambaan. Karenanya para orang bau tanah tidak segan-segan mengeluarkan sejmlah uang yang tidak sedikit semoga anak-anaknya tidak sekadar sekolah, namun mendapat layanan pendidikan terbaik di negeri ini.

Dan disaat harapan orang bau tanah begitu besar, masih ada catatan kelam terhadap ritual penyambutan Peserta Didik Baru oleh sekolah. Biasanya dikenal dengan kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD), sebelumnya disebut Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Dan khusus di lingkungan pendidikan Madrasah (MI, MTs dan MA) sekarang telah berubah nama menjadi Masa Ta’aruf Siswa Madrasah disingkat MATSAMA.

Dibawah ini yaitu pola bahan kegiatan MATSAMA (bagi penerima didik baru) serta Kegiatan awal tahun pelajaran bagi siswa Madrasah yang naik kelas menyebabkan masuk pada kelas baru, bahan ini sanggup disesuikan dengan keadaan dan kondisi madrasah masing-masing. Adapaun pola kegiatan MATSAMA Madrasah yaitu sebagai berikut :

JENJANG RAUDLATUL ATHFAL (RA) DAN MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) 

Materi MATSAMA bagi penerima didik gres RA serta penerima didik gres Kelas I (satu) MI diisi yang dengannya kegiatan pengenalan Madrasah, antara lain :
  1. Sosialisasi;
  2. Tatacara berguru (belajar sambil bermain);
  3. Kumpulan data kepentingan Tata Bisnis Madrasah serta Komite Madrasah;
  4. Kegiatan keagamaan;
  5. Kegiatan kepramukaan.
Adapun bagi penerima didik kelas II (dua) sampai yang dengannya kelas VI (enam) MI sanggup diadakan kegiatan yng bersifat konstruktif serta edukatif sesuai yang dengannya pertumbuhan serta perkembangan penerima didik yng mencakupi kegiatan :
  • Penyusunan pengurus kelas;
  • Pengenalan warga kelas;
  • Menciptakan kegiatan yng dinamis di kelas yang dengannya dipandu wali kelas;
  • Pembentukan kelompok belajar;
  • Menyusun tata tertib kelas;
  • Pembenahan 7 (tujuh) K (Kebersihan, Keamanan, Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan, Kebugaran atau kesehatan serta Kerindangan);
  • Kegiatan keagamaan.

JENJANG MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) DAN MADRASAH ALIYAH (MA) 

Materi MATSAMA bagi penerima didik gres kelas VII (tujuh) MTs serta Kelas X (sepuluh) MA diisi yang dengannya kegiatan MATSAMA, antara lain :
Pengenalan Madrasah (program, struktur, tata tertib, isyarat etik/tata krama Madrasah, orientasi kepramukaan serta lain-lain);
  1. Penanaman konsep pengenalan diri penerima didik serta kegiatan keagamaan sesuai yang dengannya tujuan pendidikan nasional;
  2. Pendidikan abjad bangsa serta agama;
  3. Kegiatan kesiswaan;
  4. Aturan Baris Berbaris (PBB);
  5. Pembentukan pengurus kelas;
  6. Pembagian kelompok belajar;
  7. Mencatat jadual;
  8. Tata tatacara diskusi kelompok yang dengannya dipandu oleh panitia serta wali kelas melaksanakan bimbingan.
Adapun Bagi penerima didik Kelas VIII (delapan) serta Kelas IX (sembilan) MTs dan Kelas XI (sebelas) serta Kelas XII (dua belas) MA, yng menjadi pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) sanggup dilibatkan dalam kegiatan MATSAMA, sedangkan yng tak masuk dalam pengurus OSIS diisi yang dengannya kegiatan :
  • Menyusun pengurus kelas yang dengannya programnya/materi pembelajaran kelas;
  • Pembentukan kelompok belajar;
  • Teknik berdiskusi;
  • Pendidikan abjad bangsa serta agama;
  • Mencatat jadual;
  • Menyusun tata tertib kelas;
  • Kegiatan 7 (tujuh) K;
  • Kegiatan keagamaan;
  • Memberikan bahan pembelajaran selama 1 (satu) tahun salah satunya indikator yng ingin dicapai;
  • Penelusuran talenta serta minat siswa.
Itulah pola dari kegiatan MATSAMA untuk siswa madrasah yang sanggup Guru Madrasah bagikan. dan hal terpenting dalam pelaksanaan kegiatan tersebut yaitu bahan minimal dalam kegiatan, madrasah apalagi yang dalam naungan pondok pesantren sanggup menyesuaikan kegiatannya. Nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam kegiatan MATSAMA ini harus dilandasi nilai-nilai religius dan dipandu oleh wali kelas masing-masing yang dengannya melibatkan guru yang mengajar di kelas dan semua pihak yang berkompeten didalamnya./credit:abdimadrasah.com

0 Response to "Contoh Bahan Matsama Dan Acara Awal Tahun Bagi Siswa Madrasah"

Posting Komentar